Senin, 18 Desember 2017

PENCEGAHAN RADIKAL BEBAS UNTUK HIDUP YANG LEBIH SEHAT


Hai teman - teman!! di blog aku kali ini aku akan share nih tentang Pencegahan Radikal Bebas Untuk Hidup Yang Lebih Sehat. Nah sebelumnya pasti pada mungkin belum ngerti apasih Radikal Bebas itu? atau dalam bahasa bekennya disebut Free Radicals.
Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak dapat terbebas dari senyawa radikal bebas. Asap rokok, makanan yang digoreng, dibakar, paparan sinar matahari berlebih, asap kendaraan bermotor, obat-obat tertentu, racun dan polusi udara merupakan beberapa sumber pembentuk senyawa radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul yang memiliki satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan. Elektron-elektron yang tidak berpasangan ini menyebabkan radikal bebas menjadi senyawa yang sangat reaktif terhadap sel-sel tubuh dengan cara mengikat elektron molekul sel (Pietta, 1999; Wijaya,1996). 
Reaksi ini sering disebut sebagai oksidasi. Oksidasi yang berlebihan terhadap asam nukleat, protein, lemak dan DNA sel dapat menginisiasi terjadinya penyakit degeneratif seperti jantung koroner, katarak, gangguan kognisi dan kanker (Leong dan Shui, 2001; Pietta 1999).
Bahaya banget kan! Apalagi jaman now banyak banget orang dengan usia muda sudah terkena penyakit degeneratif seperti diabetes, hipertensi, dan lain sebagainya. Hal yang paling murah dan paling mudah untuk dilakukan adalah dengan melakukan pencegahan (preventif) karena hal dalam bentuk pengobatan atau kurative tidak murah yakan.. 
Gampang nggak mencegah radikal bebas? GAMPANG!
Caranya? Let's do my tips, guys!

Mencari Informasi Seputar Radikal Bebas
Penting? Ya. Kamu harus tau dong apa itu radikal bebas, harus kenal dulu hehe. Jadi mencari informasi bertujuan untuk mengetahui hal - hal seputar radikal bebas, bahayanya seperti apa, bagaimana cara pencegahannya. Kalau kamu sudah tau, maka akan ada suatu bentuk keinginan untuk mencegah, untuk menanggulangi masalah radikal bebas yang efeknya berbahaya bagi tubuh. Informasi bisa dicari lewat blog aku ini yah! hehe

Minum Air Putih
Tips mudah nih, minum air putih! Kenapa mudah? Karena air putih sudah bisa kamu dapatkan dimanapun kapanpun. Di warung, di supermarket, di kantin kampus, di rumah gebetan *eh. Gampang yakan. Sederhana ya? Tapi efeknya BESAR loh. Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 Liter sehari atau 8 gelas sehari. Air tersebut diperlukan untuk mengganti carian yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Nah radikal bebas dapat menyebabkan kanker, dan air putih dapat membantu memperlambat tumbuhnya zat - zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. 

Makan Makanan (Buah) Kaya Antioksidan
Tubuh kita sebenarnya dapat memproduksi beberapa antioksidan penting seperti Glutathione, Asam Alfa-Lipoat (ALA), dan CoQ10. Hanya saja, perlindungan antioksidan alami ini akan menurun seiring pertambahan usia. Beberapa antioksidan juga tidak dapat diproduksi tubuh, sehingga kita perlu mendapatkannya dari makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan adalah substansi yang diperlukan tubuh untuk menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap sel normal, protein, dan lemak (Vaya dan Aviram, 2001). Kandungan anti oksidan yang terdapat pada tanaman bertindak sebagai radikal scavenger dan membantu mengkonfersi radikal bebas yang kurang reaktif. Antioksidan alami yang terdapat seluruh bagian tanaman berupa karotenoid, vitamin, flavonoid, dan fenol (Mandal et al, 2009).

Buah naga mungkin menjadi salah satu buah yang tampilan fisiknya membuat orang ingin tahu, khususnya bagi mereka yang belum pernah mencobanya. Mungkin kita akan bertanya-tanya bagaimana rasa dari buah yang memiliki warna ungu ini dan bentuk seperti sirip naga/? *iya in aja. Namun tahukah kamu dibalik bentuk dan warnanya yang ‘unik’ ini tersimpan manfaat kesehatan yang sangat besar. Buah naga tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis Amerika Selatan dan Asia. Sesuai namanya, kulit dari buah tersebut menyerupai sisik binatang mitos, yaitu naga. Buah ini kaya akan vitamin C, B1, B2 dan B3, serta mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Dengan kandungan yang dimilikinya, tak heran buah naga dijuluki “buah super” diantara buah-buahan lainnya. Vitamin dan mineral yang tinggi serta kandungan antioksidan dalam buah naga menghasilkan anti penuaan yang sangat baik! Antioksidan bekerja melawan radikal bebas dalam tubuh yang tidak saja bertanggung jawab untuk berbagai jenis penyakit, namun juga untuk penuaan kulit anda. Semakin banyak buah dan sayuran segar yang anda konsumsi, kulit anda akan terlihat lebih kencang dan lebih muda.

Menghilangkan Stress
Caranya? Bisa Hangout ! Senang - senang dengan diri sendiri atau bareng temen. Sendiri? Oke aja kok! bahkan kita memerlukan waktu untuk Me Time. Kita bisa memikirkan bagaimana asiknya kemana - mana sendiri dan merefresh segala sesuatu yang terpikirkan. Udah... tugasnya tenggelamkan dulu aja. Udah.. kenangannya dikubur dulu aja *unch baper. Me-time juga menjauhkanmu dari pikiran-pikiran negatif. Entah tentang pekerjaan atau tentang hubungan yang kamu jalani. Kamu butuh rileks tanpa ada gangguan sedikit pun. Lakukan hal-hal yang menyenangkan buatmu, seperti tidur, memasak, atau dengan memanjakan diri di salon. Setelahnya, otakmu akan kembali tenang dan kamu bisa memulai rutinitasmu dengan senang. 
Saat kamu masih berkumpul dengan banyak orang, tentu pendapatmu kerap kalah dan kamu mengikuti pendapat mayoritas saja. Lalu setelahnya kamu tinggal menjalani apa yang sudah menjadi keputusan bersama. Beda hal saat kamu sendirian. Kamu nggak dipengaruhi oleh pendapat siapapun, dan yang perlu kamu lakukan adalah mendengarkan hati dan keinginanmu sendiri. Kamu nggak perlu mempertimbangkan apa kata orang dan kamu bisa melakukan apa yang menjadi maumu saja. Luapkan apa yang selama ini tidak bisa kamu lakukan saat bersama orang lain. Karena dengan dirimu sendiri, kamu makin tahu apa yang sebenarnya kamu mau.
Untuk memiliki me-time yang menyenangkan dan meningkatkan kualitas hidupmu, kamu nggak perlu bersusah payah kok. Cukup dengan waktu yang memang sudah kamu jadwalkan, dan itu nggak harus dalam seminggu sekali, tapi paling nggak sebulan sekali dan lakukan secara konsisten. Me-time juga tak harus dilakukan sehari penuh. Walaupun sebentar, asalkan berkualitas. Pastikan dirimu sendiri nyaman dengan segala kegiatan yang kamu lakukan sendirian. Sekali-kali menyendiri, bukan hal buruk juga kok


Olahraga
Semua hal untuk meningkatkan kesehatan pasti tidak akan luput dari yang namanya OLAHRAGA. Tips efektif dalam menangkal radikal bebas yang terakhir menurut Yasmine adalah Olahraga secara teratur. Berolahraga secara teratur akan mengikatkan kesehatan dan juga daya tahan tubuh. Saat daya tahan tubuh kuat, tubuh juga akan lebih kuat dalam menangkal segala bentuk penyakit, termasuk radikal bebas. Olahraga nggak perlu sulit - sulit kok, jalan sehat untuk yang nggak suka lari. Aku nih ngga suka lari, jadi biasanya memanfaatkan CFD untuk olahraga. Sembari jalan, sekalian menggerak - gerakkan bagian tubuh jadi mirip senam, juga sambil liat yang seger - seger dong! *es teh kok


Nah itu dia tips sederhana dari Yasmine! Sebenarnya masih banyak kok tips tips yang bisa kamu dapatkan dan kamu lakukan.. Pokoknya niat! lakukan sepenuh hati ya!. 
Terimakasih, semoga bermanfaat!
MARI CEGAH RADIKAL BEBAS
#freeradicals
#farmasi
#AkademiFarmasiTheresiana
Yasmine Savira R -  16.0554 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar