Senin, 18 Desember 2017

PENCEGAHAN RADIKAL BEBAS UNTUK HIDUP YANG LEBIH SEHAT


Hai teman - teman!! di blog aku kali ini aku akan share nih tentang Pencegahan Radikal Bebas Untuk Hidup Yang Lebih Sehat. Nah sebelumnya pasti pada mungkin belum ngerti apasih Radikal Bebas itu? atau dalam bahasa bekennya disebut Free Radicals.
Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak dapat terbebas dari senyawa radikal bebas. Asap rokok, makanan yang digoreng, dibakar, paparan sinar matahari berlebih, asap kendaraan bermotor, obat-obat tertentu, racun dan polusi udara merupakan beberapa sumber pembentuk senyawa radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul yang memiliki satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan. Elektron-elektron yang tidak berpasangan ini menyebabkan radikal bebas menjadi senyawa yang sangat reaktif terhadap sel-sel tubuh dengan cara mengikat elektron molekul sel (Pietta, 1999; Wijaya,1996). 
Reaksi ini sering disebut sebagai oksidasi. Oksidasi yang berlebihan terhadap asam nukleat, protein, lemak dan DNA sel dapat menginisiasi terjadinya penyakit degeneratif seperti jantung koroner, katarak, gangguan kognisi dan kanker (Leong dan Shui, 2001; Pietta 1999).
Bahaya banget kan! Apalagi jaman now banyak banget orang dengan usia muda sudah terkena penyakit degeneratif seperti diabetes, hipertensi, dan lain sebagainya. Hal yang paling murah dan paling mudah untuk dilakukan adalah dengan melakukan pencegahan (preventif) karena hal dalam bentuk pengobatan atau kurative tidak murah yakan.. 
Gampang nggak mencegah radikal bebas? GAMPANG!
Caranya? Let's do my tips, guys!

Mencari Informasi Seputar Radikal Bebas
Penting? Ya. Kamu harus tau dong apa itu radikal bebas, harus kenal dulu hehe. Jadi mencari informasi bertujuan untuk mengetahui hal - hal seputar radikal bebas, bahayanya seperti apa, bagaimana cara pencegahannya. Kalau kamu sudah tau, maka akan ada suatu bentuk keinginan untuk mencegah, untuk menanggulangi masalah radikal bebas yang efeknya berbahaya bagi tubuh. Informasi bisa dicari lewat blog aku ini yah! hehe

Minum Air Putih
Tips mudah nih, minum air putih! Kenapa mudah? Karena air putih sudah bisa kamu dapatkan dimanapun kapanpun. Di warung, di supermarket, di kantin kampus, di rumah gebetan *eh. Gampang yakan. Sederhana ya? Tapi efeknya BESAR loh. Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 Liter sehari atau 8 gelas sehari. Air tersebut diperlukan untuk mengganti carian yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Nah radikal bebas dapat menyebabkan kanker, dan air putih dapat membantu memperlambat tumbuhnya zat - zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. 

Makan Makanan (Buah) Kaya Antioksidan
Tubuh kita sebenarnya dapat memproduksi beberapa antioksidan penting seperti Glutathione, Asam Alfa-Lipoat (ALA), dan CoQ10. Hanya saja, perlindungan antioksidan alami ini akan menurun seiring pertambahan usia. Beberapa antioksidan juga tidak dapat diproduksi tubuh, sehingga kita perlu mendapatkannya dari makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan adalah substansi yang diperlukan tubuh untuk menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap sel normal, protein, dan lemak (Vaya dan Aviram, 2001). Kandungan anti oksidan yang terdapat pada tanaman bertindak sebagai radikal scavenger dan membantu mengkonfersi radikal bebas yang kurang reaktif. Antioksidan alami yang terdapat seluruh bagian tanaman berupa karotenoid, vitamin, flavonoid, dan fenol (Mandal et al, 2009).

Buah naga mungkin menjadi salah satu buah yang tampilan fisiknya membuat orang ingin tahu, khususnya bagi mereka yang belum pernah mencobanya. Mungkin kita akan bertanya-tanya bagaimana rasa dari buah yang memiliki warna ungu ini dan bentuk seperti sirip naga/? *iya in aja. Namun tahukah kamu dibalik bentuk dan warnanya yang ‘unik’ ini tersimpan manfaat kesehatan yang sangat besar. Buah naga tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis Amerika Selatan dan Asia. Sesuai namanya, kulit dari buah tersebut menyerupai sisik binatang mitos, yaitu naga. Buah ini kaya akan vitamin C, B1, B2 dan B3, serta mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Dengan kandungan yang dimilikinya, tak heran buah naga dijuluki “buah super” diantara buah-buahan lainnya. Vitamin dan mineral yang tinggi serta kandungan antioksidan dalam buah naga menghasilkan anti penuaan yang sangat baik! Antioksidan bekerja melawan radikal bebas dalam tubuh yang tidak saja bertanggung jawab untuk berbagai jenis penyakit, namun juga untuk penuaan kulit anda. Semakin banyak buah dan sayuran segar yang anda konsumsi, kulit anda akan terlihat lebih kencang dan lebih muda.

Menghilangkan Stress
Caranya? Bisa Hangout ! Senang - senang dengan diri sendiri atau bareng temen. Sendiri? Oke aja kok! bahkan kita memerlukan waktu untuk Me Time. Kita bisa memikirkan bagaimana asiknya kemana - mana sendiri dan merefresh segala sesuatu yang terpikirkan. Udah... tugasnya tenggelamkan dulu aja. Udah.. kenangannya dikubur dulu aja *unch baper. Me-time juga menjauhkanmu dari pikiran-pikiran negatif. Entah tentang pekerjaan atau tentang hubungan yang kamu jalani. Kamu butuh rileks tanpa ada gangguan sedikit pun. Lakukan hal-hal yang menyenangkan buatmu, seperti tidur, memasak, atau dengan memanjakan diri di salon. Setelahnya, otakmu akan kembali tenang dan kamu bisa memulai rutinitasmu dengan senang. 
Saat kamu masih berkumpul dengan banyak orang, tentu pendapatmu kerap kalah dan kamu mengikuti pendapat mayoritas saja. Lalu setelahnya kamu tinggal menjalani apa yang sudah menjadi keputusan bersama. Beda hal saat kamu sendirian. Kamu nggak dipengaruhi oleh pendapat siapapun, dan yang perlu kamu lakukan adalah mendengarkan hati dan keinginanmu sendiri. Kamu nggak perlu mempertimbangkan apa kata orang dan kamu bisa melakukan apa yang menjadi maumu saja. Luapkan apa yang selama ini tidak bisa kamu lakukan saat bersama orang lain. Karena dengan dirimu sendiri, kamu makin tahu apa yang sebenarnya kamu mau.
Untuk memiliki me-time yang menyenangkan dan meningkatkan kualitas hidupmu, kamu nggak perlu bersusah payah kok. Cukup dengan waktu yang memang sudah kamu jadwalkan, dan itu nggak harus dalam seminggu sekali, tapi paling nggak sebulan sekali dan lakukan secara konsisten. Me-time juga tak harus dilakukan sehari penuh. Walaupun sebentar, asalkan berkualitas. Pastikan dirimu sendiri nyaman dengan segala kegiatan yang kamu lakukan sendirian. Sekali-kali menyendiri, bukan hal buruk juga kok


Olahraga
Semua hal untuk meningkatkan kesehatan pasti tidak akan luput dari yang namanya OLAHRAGA. Tips efektif dalam menangkal radikal bebas yang terakhir menurut Yasmine adalah Olahraga secara teratur. Berolahraga secara teratur akan mengikatkan kesehatan dan juga daya tahan tubuh. Saat daya tahan tubuh kuat, tubuh juga akan lebih kuat dalam menangkal segala bentuk penyakit, termasuk radikal bebas. Olahraga nggak perlu sulit - sulit kok, jalan sehat untuk yang nggak suka lari. Aku nih ngga suka lari, jadi biasanya memanfaatkan CFD untuk olahraga. Sembari jalan, sekalian menggerak - gerakkan bagian tubuh jadi mirip senam, juga sambil liat yang seger - seger dong! *es teh kok


Nah itu dia tips sederhana dari Yasmine! Sebenarnya masih banyak kok tips tips yang bisa kamu dapatkan dan kamu lakukan.. Pokoknya niat! lakukan sepenuh hati ya!. 
Terimakasih, semoga bermanfaat!
MARI CEGAH RADIKAL BEBAS
#freeradicals
#farmasi
#AkademiFarmasiTheresiana
Yasmine Savira R -  16.0554 

Minggu, 03 Desember 2017

Akademi Farmasi Theresiana: Bersatu Berbagi Bersama

Hari Raya Idul Adha 1438 H pada tahun 2017, Kami para mahasiswa Akademi Farmasi Theresiana Semarang mengadakan acara kurban dengan bertemakan Bersatu Berbagi Bersama.

Acara ini diadakan setelah Penerimaan Mahasiswa Baru.
Hari Senin, 8 September 2017.
Sehingga kami HIMAFAR, mengajak mahasiswa baru untuk ikut membangun suatu bentuk kepedulian bersama masyarakat sekitar melalui pembagian hasil kurban.

Acara yang dilakukan di lingkungan Akfar Theresiana tepatnya di Jalan Gajahmada no. 91 Semarang



Akademi Farmasi Theresiana: HIMAFAR

  • HIMAFAR atau Himpunan Mahasiswa Farmasi merupakan suatu Organisasi Mahasiswa yang berada di Akademi Farmasi Theresiana. Bertanggungjawab langsung kepada Pembantu Direktur III Bidang Kemahasiswaan dalam menjalankan program kerja. Masa jabatan HIMAFAR adalah setahun.


HIMAFAR Akfar Theresiana sudah ada sejak berdirinya Akfar Theresiana pada tahun 2007 hingga sekarang. HIMAFAR memiliki UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang sering mengadakan suatu acara - acara meliputi:
UKM Olahraga: AFTER CUP (Akademi Farmasi Theresiana CUP) 
UKM Paduan Suara: Paduan Suara

Dan baru-baru ini HIMAFAR THERESIANA mengajak para mahasiswa untuk mengadakan kegiatan Bakti Sosial di daerah Desa Rowosari Tembalang
Hal ini bertujuan selain untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi juga mewujudkan bentuk kepedulian mahasiswa di bidang kesehatan dalam bentuk pengobatan gratis

.

Selasa, 14 November 2017

Motivasi Untuk Orang Yang Baru Patah Hati


Kepada Orang Yang Baru Patah Hati - by Raditya Dika

Hai teman! kali ini aku mau berbagi suatu motivasi untuk semua orang yang pastinya pernah mengalami rasanya patah hati dan terbenam dalam kesedihan

Dan menurutku, video motivasi oleh Raditya Dika ini pas banget, sedih ? silahkan.. karena di setiap cerita ada pembelajaran.Intinya, persilahkan dirimu untuk larut dalam kesedihan.. 
Namun, setelah sudah lelah dengan rasa sedihmu..
Bangkit!
Dan lihat dirimu, kamu pantas untuk bahagia,

Happy Watching!, You deserve better💖

Kamis, 09 November 2017

Lomba Karya Tulis Ilmiah AKFAR THERESIANA

Hello, hari ini aku akan menceritakan pada kalian tentang salah satu kehidupan kuliahku yang menyenangkan. Aku berkuliah di Akademi Farmasi Theresiana Semarang. Sebagai seorang mahasiswa, aku nggak mau dong jadi mahasiswa kupu - kupu atau biasa dibilang "mahasiswa kuliah pulang - kuliah pulang". Jadi aku mengikuti suatu kegiatan internal di Akademi Farmasi Theresiana yang tiap tahun rutin diadakan. Kegiatan tersebut adalah LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah).

Apasih LKTI itu? jadi lomba karya tulis ilmiah yang tiap tahun diadakan ini adalah lomba yang bertujuan untuk membekali si mahasiswa agar terlatih dalam membuat suatu Karya Tulis Ilmiah. Keren banget yakaan..... Sehingga mahasiswa memiliki bekal untuk tugas akhir besok. Selain jadi peserta, aku juga merangkap jadi panitia nih.. Huhu.. capek banget..

Dan apesnya lagi nih, kegiatan LKTI diadakan itu setelah UTS. Jadi kami para mahasiswa harus kerja ekstra untuk membuat suatu karya tulis ilmiah dan tetap mempertahankan kualitas belajar kami. Alhamdulillah nya, aku ( yang memasukkan 2 proposal ) memiliki tim yang solid. Jadi saling bantu membantu, serta yang nggak kalah adalah dosen pembimbing yang selalu membantu dan memberikan saran - saran. Dosen pembimbing kami adalah Ibu Monica Kristiani, M.Sc., Apt untuk bidang penelitian dan Ibu Maria Mita Susanti, S.Si., M. Kes selaku koordinator acara. Suatu bentuk kebanggaan bisa dibimbing oleh beliau.

Hari demi hari sebelum lomba kami si mahasiswa menghabiskan waktu untuk berkumpul, berbagi pendapat, dan mengerjakan karya tulis kami. Akhirnya Hari H Lomba, karena aku memiliki 2 tim sehingga aku tampil 2 kali. Mendapat urutan pertama dan ketiga. Di urutan presentasi ketiga aku berperan sebagai ketua dan menjadi presentator. Gugup? BANGET. Ini nih salah satu foto saat presentasi.

Setelah kami presentasi, dilanjutkan kelompok lain. Waktu berlalu, saatnya pengumuman. Kami semua merasa gugup dan deg - deg'an. Setelah dibacakan.. Kelompok kami urutan presentasi nomer 1 mendapatkan The Best Presenter. Dan untuk urutan presentasi ketiga, mendapatkan JUARA 1 YEAAAAAAAAYYYYYY /lebay. Berikut foto - foto kegiatan LKTI Akademi Farmasi Theresiana.
Terimakasih Akfar Theresiana untuk pengalamannya<3